Singa Tua dan Rusa Cerdas

Penulis : Muhammad Athalla


Di dalam hutan ada seekor singa tua yang pemalas, kerjanya hanya tidur di dalam goa, mungkin dulu dia adalah hewan yang gagah, tetapi sekarang itu hanya kenangan saja. sang singa memiliki teman yaitu si burung jalak.

Suatu hari dia memiliki ide yang sangat licik, ia mengungkapkan ide ini kepada burung jalak, " Hey Jalak, aku punya ide!, supaya aku tidak kelaparan lagi, mari undang penghuni hutan untuk berpesta, katakan pada mereka kalau mereka harus datang ke pestaku, setelah itu saat mereka lengah di pesta, akan ku santap mereka satu persatu!", ujar Sang singa.

Kemudian burung jalakpun membuat pengumuman, ia mengelilingi hutan sambil berkata, "wahai penduduk hutan, datanglah ke pesta yang diadakan oleh sang singa di goa nya!".

Tetapi seekor rusa tahu, bahwa itu hanya siasat singa untuk mengelabui penduduk hutan, , ia pun tidak mendatangi pesta tersebut.

Singa menyadari jika rusa tidak datang, lalu ia meminta burung jalak untuk menegur rusa. "Rusa, kenapa kamu tidak mendatangi pesta singa", tanya burung jalak. " Aku malas!", jawab rusa.
Burung jalakpun pulang membawa kabar kepada singa, dan tentu saja singa sangat marah mendengar jawaban rusa, ia pun lari menghampiri kediaman rusa, rusa yang mengetahui kedatangan singa lantas lari masuk ke dalam hutan.Singa terus  mengejarnya hingga berada di dalam hutan, ia kaget karena disana sudah banyak hewan-hewan lainnya. Seekor burung hantu bertanya padanya, "Hey singa, apa benar kamu akan mengadakan pesta?". Singa menjawab dengan lantang, "tentu saja!". Tapi tak lama muncul rusa yang kemudian menceritakan kebohongan singa, singapun malu, ia langsung berlari keluar hutan dalam keadaan lapar.




Komentar

Postingan Populer